Tuesday, March 12, 2019

Burung Gelatik Wingko/glawing (GW)

Gelatik Wingko

 

 

Perawatan gelatik wingko bisa dibilang hampir sama dengan merawat burung sejenis ciblek atau prenjak. Sebab, meski menyandang nama gelatik, burung ini bukan termasuk anggota famili gelatik pemakan biji-bijian sebagaimana gelatik jawa (Padda oryzivora).
Di berbagai website dalam negeri, banyak sekali kerancuan dalam membedakan gelatik jawa, gelatik silver, gelatik batu, dan gelatik wingko. Gelatik silver merupakan salah satu hasil mutasi warna dari gelatik jawa, yang sudah popular di Inggris, dan dikenal dengan nama java sparrow.

Harus diakui, gelatik jawa(belong) justru banyak dipelihara di Inggris daripada di kampung halamannya sendiri (Jawa). Selain gelatik silver, mereka berhasil menghasilkan berbagai mutasi gelatik jawa lainnya.

sobat ilmukicau, gelatik wingko dan gelatik batu (great tit) termasuk dalam genus Parus. Kalau gelatik batu memiliki nama ilmiah Parus major, maka gelatik wingko memiliki nama ilmiah Parus major minor. Apa artinya? Itu berarti gelatik wingko merupakan salah satu subspesies gelatik batu.

Secara keseluruhan, gelatik batu terdiri atas 34 subspesies. Jadi, jangan bingung atau keliru lagi dalam membedakan keempat jenis gelatik di atas ya?

Makanan utama gelatik wingko di alam bebas adalah serangga kecil. Kalau sudah dipelihara manusia, makanan utamanya berupa voer untuk burung. Serangga tetap wajib diberikan setiap harinya, bisa berupa jangkrik kecil (sudah dipotong kaki dan kepalanya), ulat hongkong, atau ulat kandang.

Sebagai tambahan protein nabati, Anda bisa memberikan kacang tanah yang sudah ditumbuk halus, kemudian disajikan kepada burung dalam wadah terpisah. Berikan air minum yang bersih dan matang,
 

 
 Jenis kelamin burung ini bisa dibedakan dari warna hitamnya yang pada jantan lebih pekat, sedangkan warna putih pada jantan juga terlihat lebih bersih
lebih jelasnya tentang foto perbedaan jenis kelamin burung bisa sobat lihat disini
kumpulan foto jenis kelamin burung


sekian pembahasan kita tentang burung gelatik, semoga bermanfaat, salam kicau mania
 
 
 
 
 
salam kicau mania

No comments:

Post a Comment

terima kasih, salam indonesian bird !!